Tuesday, April 30, 2013

Distanak Patenkan Varietas Padi Sekonyer

DINAS Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal mematenkan varietas padi unggul nasional asal Kobar. Varietas padi tersebut diberi nama Padi Sungai Sekonyer.

"Kita sedang mengurus hak paten padi sungai sekonyer sebagai varietas padi unggul nasional,"kata Kepala Distanak Kobar Akhmad Yadi kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (17/4).

Ia melanjutkan varietas ini diberikan nama Sungai Sekonyer sesuai dengan nama  daerah asalnya. Varietas ini telah didaftarkan sejak tahun 2011 dan telah melalui serangkaian verifikasi dari pusat. "Target kita awal 2014 sudah diakui."

Varietas ini, lanjut dia, mempunyai beberapa keunggulan antara lain relatif tahan terhadap air asin, tahan rebah, aromanya harum, nasinya pulen seperti ketan dan hasil tonase per hektar tinggi antara 4,5-5 ton per hektare. "Berasnya harum, kalau kita masak di dapur, aromanya bisa tercium sampai ke jalan."

Ditemui terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Produksi Pertanian Suryati mengatakan eksplorasi terhadap padi unggul ini telah dimulai sejak 2012 lalu. Pascapengajuan, varietas ini telah diuji dan diverifikasi. Pasalnya, Kementerian Pertanian (Kementan) baru bisa memberikan paten apabila tidak ada varietas yang sama dengan padi sungai sekonyer ini. Sehingga harus dipastikan padi sungai sekonyer punya ciri khas yang berbeda dengan varietas padi lokal unggul dari daerah mana pun.

Meski banyak varietas padi harum di Indonesia, lanjut dia, namun padi sungai sekonyer punya ciri khas pada pertumbuhan batangnya. Yakni, tumbuhnya tidak ke atas tapi menyamping.  "Sidang penetapan varietas unggul akan dilakukan awal 2014 mendatang. Ada yang mirip memang padi celebes tapi tidak sama."

0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.