Monday, December 17, 2012

Kerukunan Umat Beragama Kobar Terbaik Se-Kalteng

KERUKUNAN umat beragama di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dinilai terbaik di Provinsi Kaltimantan Tengah (Kalteng). Oleh karena itu, Kobar ditunjuk sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kalteng tahun depan. Hal itu diungkapkan Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesbangpolinmas Kotawaringin Barat (Kobar) Mudelan di ruang kerjanya, Jumat (14/12). "Implementasi kerukunan antar umat beragama di Kobar sudah berjalan baik."

Ia melanjutkan implementasi kerukunan umat beragama di Kobar tidak hanya pada tataran teori. Masyarakat Kobar telah mampu mengaplikasikan kerukunan dalam tindakan nyata. Salah satunya, pendirian rumah ibadah secara berdampingan dan tanpa menuai konflik. Pada rakorda FKUB Bulan September lalu di Palangkaraya, lanjut dia, tuan rumah mempresentasikan adanya bangunan Gereja dan Masjid berdampingan dan hanya dibatasi pagar. "Pada saat giliran Kobar, kami menampilkan slide yang di Pangkalan Lima. Tidak hanya dua tapi empat rumah ibadah yang berdiri berdampingan tanpa dibatasi pagar."

Sementara itu, Paguyuban Kerukunan Kristen Jawa (PKKJ) menggelar kegiatan bakti sosial berupa sunatan masal dan pengobatan gratis di Gedung Balai Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Minggu (16/12). Menurut Ketua Panitia Windo Joko, pihaknya mengadakan kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Natal 2012. Kegiatan ini tidak hanya untuk Umat Nasrani tapi berlaku umum tanpa memandang suku, agama dan golongan tertentu. "Hari ini ada 19 anak yang disunat dan 50 pasien mendapatkan pengobatan gratis."

Ditemui terpisah Kades Natai Raya Iyan mengungkapkan pihaknya mendukung penuh kegiatan seperti ini karena mencerminkan kerukunan antar umat beragama di desanya. "Kerukunan akan tetap terjalin selama masyarakat itu tidak dipengaruhi oleh isu-isu yang negatif. Kami mengharapkan peran media juga bisa ikut serta dalam menjaga kerukunan umat beragama seperti ini."

1 comment:

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.