Tuesday, December 25, 2012

Bank Sampah Sarana Kobar Raih Adipura Kencana

BANK Sampah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) resmi beroperasi. Peresmian berlangsung di Aula Pemkab Kobar dihadiri ratusan undangan. Mereka terdiri dari perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kobar, Direktur Bank Sampah Gemah Ripah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan perwakilan masyarakat.

"Untuk meraih Adipura Kencana, Kobar harus bisa mengelola sampah dengan lebih kreatif, salah satunya dengan membangun bank sampah ini,"kata Kepala Bidang Pembatasan Sampah KLH Agus Saefudin seusai acara peresmian Bank Sampah Kobar.

Ia melanjutkan salah satu ciri khas yang biasa melekat pada penerima adipura kencana yakni daur ulang sampah harus lebih dari 20%. Selain itu, pengelolaan sampah harus dilakukan secara kreatif dan partisipatif. Bentuk-bentuk pengelolaan sampah juga harus kreatif. Artinya, sampah harus bisa memberi manfaat secara ekonomis. Sehingga sampah yang terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) benar-benar sudah tidak bernilai ekonomi.


Adipura Kencana
--Walikota Surabaya Tri rismaharini disambut atraksi seni tarian dan reog Ponorogo dengan membawa piala Adipura Kencana saat memasuki Balai Kota Surabaya. Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng bertekad merebut piala serupa tahun depan. Salah satu langkahnya adalah mengoperasikan Bank Sampah Kobar.

Pengelolaan kreatif ini, lanjut dia, biasa menggunakan konsep Reuse Reduce Recycle (3R). Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. "Bentuk-bentuk kreatif pengelolaan sampah banyak sekali bank sampah, salah satunya sampah diubah menjadi energi biogas."

Ditemui di tempat yang sama, Wakil Bupati Kobar Bambang Purwanto mengungkapkan pendirian bank sampah bisa memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa sampah juga mempunyai nilai ekonomi. Selain itu, bank sampah bisa mendorong masyarakat Kobar untuk melakukan pemilahan sampah organik dan non organik mulai tingkat rumah tangga. "Tak kalah penting, kita sudah enam kali meraih adipura dan target kita meraih adipura kencana. Salah satunya dengan bank sampah ini."

0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.