Monday, June 14, 2010

Tutorial Berbelanja Online di Internet

Baru saja, saya menulis mengenai Tutorial Berdagang di internet. Eh, teman saya laporan bahwa ia ditipu via internet. Kisah awalnya begini, ia mencari informasi mengenai harga HP terbaru melalui mbah Google. Hasilnya ia menemukan situs Ponsel Jakarta yang dari menampilkan banyak iklan dari toko HP seantero Jakarta. Berbagai jenis HP dari berbagai Toko terpampang di sana baik yang baru maupun yang second. Pada waktu itu karena ia mendapat pesanan dua buah Blackberry Curve 8310 second tapi kondisi masih bagus (full set, mulus, gitu nek bahasane Cak!).

Singkat cerita, pencariannya tersebut sampailah ke toko bernama Muse Cell yang mengiklankan BB 8310 dengan bunyi sebagai berikut, “29-Apr-2010 12:52, Harga Rp. 1.200.000. UNIT + CHARGER, KABEL DATA, HF, CD, BUKU, DUS + ANTI GORES & SILICON, TERIMA ANTAR UNTUK JAKARTA DAN KIRIM LUAR KOTA. Penjual : MUSE CELL LIHAT TOKO & ARSIP IKLAN.” Dia pun langsung klik pada “Penjual : MUSE CELL LIHAT TOKO & ARSIP IKLAN” karena terdapat link ke toko Muse Cell. Dilihat dari websitenya hanya merupakan website replika dari Ponsel Jakarta (tidak mempunyai website sendiri). Alamat Muse Cell yang tertera di website: LT GROUND BLOK A8 NO.7 ROXY SQUARE (Wah di Roxy JKT, kenapa tidak suruh adiknya yang yang di Jakarta untuk mengambil? Heran juga sama si kawan).

Ia pun segera menghubungi No. HP 08979726976 untuk konfirmasi mengenai pesanannya. Ia pun menanyakan mengenai kondisi barangnya, dijawab barangnya bagus, ada dua satu warna merah satu titan. Setelah bicara ditelpon masih ditambahi SMS menanyakan sekali lagi kondisi barangnya, si toko menjawab, “Mulus banget Pak, tidak akan kecewa pokoknya.” Nah, setelah negosiasi maka tercapailah kesepakatan harga Rp. 1.250.000,-/Unit sampai Kalimantan. Celakanya si kawan memesan 2 unit. Dia Hal ini memang tidak lepas dari reputasi baik dari beberapa toko di Ponsel Jakarta dari kawannya sesama reseller. Lalu ia menanyakan apakah ada rekening selain BCA? karena memang di daerah si kawan ini tidak ada BCA, lewat ATM Bersama juga susah karena bukan termasuk jaringan ATM Bersama. Muse Cell kemudian SMS bahwa ada Rekening Mandiri yang bisa untuk transaksi. Kemudian pada tanggal 27 Mei 2010 kurang lebih pukul 21.00 maka ditransferlah uang sejumlah Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah, banyak khan?) ke Rekening Mandiri Acc. 1220005459915 a.n. Azmal Hendri (Di Rekening BCA-nya AHMAL HENDRI, aneh juga ya?).

Uniknya, setelah ditransfer si toko ini tidak buru-buru mengirim kabar (apalagi mengirim barangnya He3x lain banget dengan di FJB Kaskus? Semua serba cepat, ditransfer tanpa dikasih tahu sudah dikirim dan di SMS Resi TIKI/JNE-nya. Semua sudah tahu adat-adatnya soalnya. Sekarang ada rekber pula). Nah lanjut cerita, akhirnya kawan saya tadi terus mengejar melalui SMS sampai telpon. Pada tanggal 2 Juni 2010 ia pun mendapatkan Resi JNE yang ditunggu-tunggu (suasana kembali tenang Cak! Wah aman barang jadi dikirim).


Kemudian pada tanggal 6 Juni 2010 ia pun mengambilnya di alamat kantornya (cukup jauh 120 Km) dari desa pedalaman tempat ia tinggal. Bungkusan paket tersebut langsung dibawa tanpa dibuka karena sudah sore. Sampai di rumah pas adzan Maghrib kurang lebih pukul 18.00-an, alangkah kagetnya ia ketika membuka paket tersebut. Pertama isinya hanya satu unit, dari penampakan fisiknya chasing-nya kelihatan sudah diganti, karet dalamnya sudah banyak goresan, tempat simcardnya sudah tidak normal (patah) dan akhirnya dijual rugi. Ia pun SMS lagi ke si toko, marah-marah tidak karuan. Si Muse Cell tadi seolah tidak merasa berdosa dan menjawab itu barangnya dan satunya belum ada. Si kawan tetap mengejar terus dan sampai sekarang (tulisan ini di posting), BlackBerry Curve 8310 satunya belum dikirim juga.

Ada beberapa hal menurut saya yang harus diperhatikan dalam berbelanja online. Tip paling mudah antara lain pilihlah situs-situs yang terpercaya, situs yang bertanggungjawab atas segala transaksi yang terjadi di dalamnya. Di websitenya, jelas-jelas ponsel jakarta menyatakan tidak bertanggungjawab terhadap semua transaksi yang terjadi antara netter dengan yang toko yang diiklankannya, bisa dilihat di sini. Aneh juga ya? mengiklankan tapi tidak bertanggungjawab atas toko yang diiklankan (sampai posting ini ditulis Muse Cell tetap dipajang juga iklannya). Di Kaskus saja kita meminimalkan penipuan dengan rekber, posting recommended seller, trusted seller dengan peringkat-peringkat tertentu sehingga bisa kita pastikan jika kita bertransaksi dengan si seller pasti aman.

Selain mencari situs yang bertanggungjawab kita juga harus melihat penampakan dari website si toko. Kalau website-nya berupa blog (tapi ini tidak semua lho) dibandingkan yang sudah dot com atau dot net ya lebih dianjurkan ke yang situs beneran. Kemudian untuk pemesanan pertama, jangan pesan terlampau banyak. Hal ini untuk mengetes kualitas si seller. Apakah ia seller baik? Atau seller yang masuk kategori penipu bin bajingan? Jika di toko tersebut ada berbagai jenis barang. Pilihlah yang paling murah dulu, dan pesanlah dengan pesanan minimal. Jika sudah terbukti bisa dipercaya baru bisa pesan lagi.

Kawan sekalian, dari uraian di atas kesimpulannya adalah pastikan kualitas si seller. Bukan justru membuat kawan-kawan takut berbelanja online. Saya ini adalah tukang belanja online dan menjualnya lagi secara offline (mediator bin makelar Cak! Ha3x). Tapi di hati saya Forum Jual Beli (FJB) Kaskus is the best. Selain itu saya juga bertransaksi dengan toko-toko yang bisa dipercaya. Ada beberapa tinggal kawan-kawan kasih comment di posting ini, jangan lupa jika konsultasi tinggalkan email nanti kita bisa saling komunikasi.


8 comments:

  1. Wah manusia kayak gitu harus dienyahkan dari dunia Maya (dan dunia Tari juga) Gan he3x ane donasi satu sms penyadaran pada si muse

    ReplyDelete
  2. udah dikirim Gan tp eh dipakai 3 hari tidak ada sinyalnya

    ReplyDelete
  3. aku jg ketipu nih.sebulan dah transfer uang utk bb huron sebesar 900rb barang gak nyampe2.mana sms isinya muter mulu.penake piye jal.dilaporke sapa?hamid

    ReplyDelete
  4. @Hamid: enaknya hubungi kawan yang di JKT Gan, dilaporin Polisi saja, sekarang ada kok undang2nya, klo mau enak lagi ya cukup didatangi ambil fotonya, trus diserahkan saja ke aparat setempat. Si kunyuk muse cell itu di Roxy Gan, jadi yg rumah dekat2 situ cepat2 didatangi saja. Saran Ane juga utk ponsel jakarta harusnya selektif sudah nipu banyak orang kok masih saja diperbolehkan pasang iklan, aneh juga ya?

    ReplyDelete
  5. betul,saya jg sdh email ponsel jkt, tapi gak ada tanggapan.si musecellnya tetep aja nampang sampai sekarang.tapi saya sdh setengah iklanin kok.ternyata ada juga orang minta sumbangan lewat jalan begituan.cuma yg saya pikir bgmn biar tdk ada org lain yang tertipu lagi...apa perlu didor saja, he he..saya sdh tahu orangnya he he...

    ReplyDelete
  6. maksud saya setengah ikhlasin...

    ReplyDelete
  7. @Hamid: ya ikhlasin saja Gan, insyaallah berkah buat Agan, nanti diganti lebih banyak

    ReplyDelete
  8. nggih, maturnuwun,untuk hilangkan bala' juga, maksudnya biar bala'nya utk dia mas.

    ReplyDelete

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.