Wednesday, June 9, 2010

Tutorial Berdagang Online Via Internet

Anda ingin mempunyai toko yang bisa berjualan tidak hanya ke tetangga kiri kanan tapi ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke negara-negara tetangga. Toko online adalah solusinya. Ada beberapa kelebihan toko online antara lain: jangkauannya luas, modal utamanya kepercayaan sisanya materi itu pun kecil, barang yang dijual bisa apa saja yang ada di sekitar kita terutama yang khas di tempat kita, kita bisa menjadi reseller untuk barang-barang dari luar daerah dan kita jual lagi di daerah kita, kita juga bisa menjadi perantara/mediator (makelar gampang e Cak! Makanya di Kaskus klo saya datang pasti sapaannya selamat Makelar munyuksakti he3x karena saya selalu menjadi reseller barang-barang mereka. Trusted Reseller Cak!) untuk barang-barang yang dijual di suatu daerah dan tidak ada di daerah kita.


Untuk bidang ini mungkin Amazon dan Ebay merupakan raksasanya saat ini. Tidak perlu anda ikut pelatihan yang aneh-aneh dengan biaya banyak tapi ujung-ujungnya hanya berbuntut kekecewaan. Saya ingin membagi pengalaman saya berjualan online, menjadi makelar online, dan kulakan online untuk dijual lagi di rumah. Adapun langkah-langkahnya antara lain:


Produk


Pilihlah produk yang unik sehingga akan laku di pasaran (kalau aku Cak sudah ada, email saja nanti tak kasih tahu tapi ojok tiru-tiru yo He3x). Produk ini tidak hanya gadget tapi apa saja, bisa kerajinan, sepatu, baju, helm dll yang kira-kira laku.


Kaskus


Sebagai langkah awal, buatlah Account di Kaskus masuklah ke forum jual beli, anda bisa mulai berkenalan dengan banyak kawan dari seluruh penjuru Indonesia. Keuntungannya selain anda bisa menawarkan produk anda, anda juga bisa sekaligus membeli produk-produk yang ada di forum. Cobalah kulakan barang yang unik dan bisa dijual lagi (secara offline) di lingkungan anda. Jadi selain menjual juga bisa menjadi reseller dari barang-barang yang dijual kawan-kawan di Forum.


Kontak


Sediakanlah kontak yang selalu bisa dihubungi setiap saat baik No. HP, email, YM dll jika tidak kasih batasan jam, misal bisa dihubungi antara pukul 16.00 – 21.00 WIB (orang akses internet kadang bisa jam 12 malam Cak jadi jangan pernah merasa terganggu jika dihubungi). Sering kejadian, ditelp tidak diangkat kemudian kecewa dan mencari seller lain, makanya lebih aman anda cantumkan SMS only atau call/SMS. Hal ini pun dengan catatan jangan lama-lama balasnya. Pernah suatu ketika saya ingin kulakan ke teman yang menjual sebuah barang, saya SMS pukul 13.05 WIB dan baru dibalas pukul 13.32 WIB dan saya sudah terlanjur deal dengan kawan lain. Uniknya balasannya, “ya sudah Bro mungkin bukan rejeki saya, saya tadi masih Sholat Jum’at.” Nah aneh kan? (Klo di India sich tidak apa-apa Cak, lha ini sama-sama WIB kok wekekek). Jadi pelajarannya, jangan pernah memberikan alasan yang tidak rasional, mending dijawab maaf Bro tadi ketiduran atau masih mengurus anak menangis, dll. Sehingga kita tetap dianggap trusted seller.


Rekening Bank


Sediakanlah tiga sampai empat Rekening Bank yang berbeda. Kebanyakan Buyer tidak jadi membeli hanya karena Seller hanya mencantumkan satu rekening yakni BCA. BCA tidak masuk dalam jaringan ATM Bersama, ingat pelanggan bisa dari mana saja, Kalimantan, Maluku, Papua, dan kadang tidak ada BCA di kota-kota kecil dan jika transfer dengan setor manual (Bank Note) sangat amat susah sekali.


Seperti yang pernah saya alami, saya tidak jadi membeli nomor cantik karena seller hanya punya satu rekening yakni BCA, sementara dari kota tempat saya di Kalimantan waktu itu, tidak ada BCA yang ada hanya BRI dan BPD. Jika transfer manual dari BRI dan kita tidak mempunyai rekening BRI, kita dikenakan biaya tambahan Rp. 30.000,- dan jika kita mempunyai rekening BRI dikenakan biaya Rp. 15.000,-.


Banyak yang tidak menyadari hal ini sehingga akhirnya kita juga yang rugi, banyak orang yang ingin membeli tapi karena susah transfernya tidak jadi beli. Paling aman anda sediakan minimal empat rekening BCA, Mandiri, BNI, dan BRI. Tapi jika terpaksa tidak bisa, sediakan dua rekening saja tapi pastikan satunya masuk ATM Bersama. Btw, untuk rekening BRI kita mempunyai keuntungan lebih banyak antara lain cabangnya ada di seluruh Indonesia sampai kota-kota kecil, jika transfer manual (Bank Note) bisa seperti setor tabungan saja, jadi Buyer setor uang ke rekening kita seperti menabung dan hanya dikenakan biaya Rp 2000,-


Jagalah Kepercayaan Buyer Terhadap Anda


Jangan pernah berbohong atau menipu (ini ada contohnya), uang sudah ditransfer tapi barang tidak anda dikirim (ingat sudah ada Undang-Undangnya Cak He3x). Pastikan anda mendapat predikat Recomended Seller atau Trusted Seller. Hal ini bisa anda lakukan dengan beberapa hal antara lain: jika ada pesanan langsung secepatnya ditanggapi, sabar memberikan keterangan produk kita jika masih bertanya lewat YM maupun SMS, berikan beberapa alternatif nomor rekening anda, jika sudah ditransfer secepatnya barang dikirim ke alamat buyer dan jangan lupa (meskipun tanpa diminta) anda SMS kan nomor resi (Airway Bill) TIKI JNE (saya pakai itu Cak) kepada si buyer sehingga bisa dicek melalui internet barangnya sampai dimana.


Membuat Website Sendiri


Setelah dagangan laris dan lancar di Kaskus, mulailah membuat website sendiri yang menawarkan barang-barang yang anda jual sebelumnya di Kaskus. Bukan berarti anda harus meninggalkan Kaskus, di Kaskus tetap namun jika anda sudah mempunyai website sendiri hal ini tentu menambah kepercayaan si buyer. Dalam website jangan lupa sertakan kontak (HP, YM, Email), Alamat Anda (lengkap sampai kode posnya) dan Rekening Bank Anda.


Demikian tip dan trik dari saya, semoga bermanfaat. Ingat berdaganglah yang jujur, rejeki di dunia ini paling banyak di perdagangan (menurut ajaran agama saya Cak). Matur Thank You dan selamat berdagang Bos...sukses untuk lapaknya....Salam Makelar!

2 comments:

  1. wokeh bro,, sip bro,, saya setuju..
    seorang seller tentunya harus jujur.

    btw cekidot my blog bro
    ada barng2 lucu dan unik lho..
    inilah barang paling unik dan lucu
    ada di blog saya

    ReplyDelete
  2. Makasih Gan He3x sukses lapaknya, oh ya Ane punya kesempatan jadi makelar barang2 lucu ente dong Gan? :-) tunggu Ane survey pasarnya dulu ya

    ReplyDelete

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.