Thursday, July 11, 2013

Dzikir Pagi Petang Amalan Ringan Berpahala Besar




DZIKIR berasal dari kata adz-dzikr yang berarti mengingat, mengucap atau menyebut, dan berbuat baik. Sehingga dzikir bisa diartikan mengingat dan menyebut asma Allah SWT seperti tahlil (Laa illaha illa Allah), tasbih (Subhanaallah), tahmid (Alhamdulillah) dan takbir (Allahu Akbar).

Amalan ini cukup mudah dan ringan, bisa dilakukan dengan berdiri, duduk, berbaring bahkan sambil bekerja. Petani bisa berdzikir sambil mengayunkan cangkulnya. Tukang becak bisa berdzikir sambil mengayuh becaknya. Pedagang bisa berdzikir sambil menunggu dagangannya.

Meski teramat mudah, banyak yang menganggap remeh amalan ini. Sehingga sering mengabaikannya. Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang." (QS Al-Ahzab: 41-42).

Sedangkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, dan lebih baik bagimu daripada bertemu dengan musuhmu, lantas kamu memenggal lehernya atau mereka memenggal lehermu?” Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377, Ibnu Majah no. 3790. Lihat pula Shahiih at-Tirmidzi III/139 dan Shahiih Ibni Majah 11/316).

Selain itu, dari Anas bin Malik ia berkata: “Rasulullah bersabda: ‘Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Shubuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anak Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat ‘Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak.’(HR. Abu Dawud no. 3667, lihat Shahih Abi Dawud 11/698 no. 3114 MisykaatulMashaabiih no. 970, hasan).

Demikian besar pahala amalan dzikir, apalagi dalam suasana Ramadan yang penuh berkah ini. Bulan yang mulia ini bisa kita jadikan sebagai sarana untuk membudayakan dzikir dalam kehidupan kita sehari-hari.

1 comment:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpaynasional.com
    Hp:081335640101

    ReplyDelete

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.