Thursday, April 4, 2013

Peserta Musda KNPI Dukung Pemekaran Provinsi

RATUSAN peserta Musyawarah Daerah (Musda) XII Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendukung pemekaran Provinsi Kotawaringin. Dukungan disampaikan dengan cara membubuhkan tanda tangan pada spanduk berukuran 10 x 1 meter yang terbentang di halaman Quizas Cafe Jalan Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (7/3).

"Kita mendukung keputusan bulat dari lima kabupaten (Kobar, Kotim, Seruyan, Lamandau dan Sukamara) yang telah mendukung pemekaran Provinsi Kotawaringin,"kata Ketua DPD KNPI Kobar Chaidir kepada sejumlah wartawan seusai penandatanganan spanduk dukungan.

Ia melanjutkan musda kali ini diharapkan bisa menghasilkan pengurus baru yang kompeten dan bisa memajukan KNPI ke depan. KNPI merupakan organisasi terbuka. Semua organisasi kepemudaan boleh bergabung dengan KNPI. Bahkan elemen kepemudaan dari partai politik (parpol) juga boleh bergabung dengan KNPI. "Semua boleh bergabung, hanya saja tidak boleh membawa kepentingan organisasi atau partainya ketika sudah masuk di KNPI."

Ditemui di tempat yang sama, Sekretaris DPD Kalteng Sasongko mengingatkan semua kader KNPI diharapkan berperan serta aktif dalam setiap kegiatan. Kepengurusan harus dibuat seramping mungkin agar lebih efektif dalam menjalankan program. "Jangan sampai pengurus ini hanya titip nama saja, sehingga pengurus jumlahnya ratusan orang tapi tidak jelas. Gerbong KNPI itu kecil saja jangan terlalu besar nanti tidak bisa melaju kencang."

Wakil Bupati Kobar Bambang Purwanto menegaskan komitmen Pemkab Kobar untuk mendukung kegiatan kepemudaan termasuk KNPI. Pasalnya, pemuda merupakan agen perubahan bagi kemajuan sebuah daerah. Oleh karena itu, Pemkab Kobar bersama DPRD Kobar telah menganggarkan alokasi dana khusus untuk kegiatan kepemudaan.

Menurut Bambang, pemuda Kobar harus tahu politik bahkan tidak ragu terjun ke politik praktis. Sebab pemuda bisa mewarnai kancah politik Kobar dengan ide-ide baru yang cerdas, kreatif dan inovatif. "Kalau sudah terjun ke dunia politik harus berjiwa besar. Politik itu indah jika dijalankan secara santun dan penuh etika." 

0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.