Kehidupan Pilot dan Pramugari di Udara

Wednesday, August 15, 2012

Surabaya Pos Kota—Seorang mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) Indah Martina membuat heboh dunia pramugari. Pasalnya, dia menguak fenomena seputar kehidupan pramugari dengan pilot di udara. Hal ini dipaparkan Indah dalam skripsinya yang berjudul 'Hubungan antara Harga Diri dengan Seks sebagai Sebuah Alat di Pekerjaan Pramugari Udara".

Secara telanjang skripsi itu menceritakan sisi menarik pramugari ketika menjalankan tugas. Dalam skripsinya, Indah menggambarkan fenomena kedekatan antara pramugari dengan pilot. Maka itu, jangan heran sering dijumpai pramugari begitu mesra dengan pilot. Bagaimana cara memikatnya? Mulai dari cara duduk seksi dengan menyilangkan salah satu kaki, hingga memperlihatkan kemolekan. Bisa ditebak, ujung kedekatan itu adalah cara cepat meningkatkan pangkat dari sang pilot. Bahkan juga kerap berbuah hadiah. Pramugari juga sering menepuk punggung pilot untuk menambah sentuhan hubungan antara masing-masing. Kebiasaan seperti itu menjadi senjata ampuh untuk meluluhkan hati sang pilot.


Teliti 176 Pramugari


"Itu sudah menjadi kebiasaan pramugari di Indonesia.  Bahkan, menjadi kompetisi antarpramugari untuk menggaet pilot," tutur Indah saat ditemui Pos Kota di rumahnya Jumat(23/11/2007). Sebanyak 176 pramugari yang menjadi responden Indah berasal dari empat maskapai di Indonesia. Mereka menyebutkan, ciuman serta pelukan dengan pilot menjadi kebiasaan dalam penerbangan pesawat.


Sebanyak 42,6% dari 176 pramugari mengaku lebih mengedepankan perilaku seks daripada harga diri. Kebiasaan itu disebabkan kedekatan dengan pilot serta unsur materi yang ingin direbut pramugari ketika menekuni profesinya. "Apalagi situasi di dalam pesawat memang mendukung. Karena waktu jeda bagi seorang pramugari sangat banyak. Jadi bisa melakukan segala hal di dalam pesawat," ungkap gadis yang sehari-hari tinggal di Jalan Karangan 268 A Surabaya itu.

                                                                                                                                       http://blog.aristrijayadi.net

Pramugari--Seorang pramugari Batavia Air sedang mengecek kondisi penumpang sebelum terbang. Hubungan antara pramugari dan pilot kerap dipandang miring. Pramugari lebih mengandalkan kemolekan tubuhnya untuk menggaet pilot. Pasalnya, pramugari harus bersaing dengan pramugari lain untuk mendapatkan jatah terbang meski dalam satu maskapai. 


Biasanya, ada pramugari maupun pilot saling tukar nomor telpon. Setelah itu pramugari memberikan short message service (SMS) mesra. Ujung-ujungnya akan ada pertemuan lanjutan dari SMS itu. "Jadi jangan heran kalau ada pramugari dan pilot sampai ke ranjang," ujar mahasiswa angkatan 1999 itu. Belum lagi setelah keluar dari pesawat, ada pramugari maupun pilot yang tidak langsung pulang. Mereka memilih tinggal di mess penerbangan atau tidur di hotel. Responden yang dipilih Indah berumur antara 20-35 tahun. Bahkan ada beberapa pramugari itu sudah berkeluarga. "Karena lingkungan kerjanya mendukung mereka untuk melakukan itu, ya bisa-bisa selingkuh bagi mereka bukan barang baru," imbuh anak kedua dari empat bersaudara itu. Tapi bukan berarti semua pramugari begitu. Masih lebih banyak yang baik dan bekerja penuh dengan tanggung jawab. Dari hasil penelitian ini saja, lebih dari 50 persen pramugari mengedepankan harga diri,” tukas dia. 



9 comments:

Anonymous said...

tapi ngga seemua pramugari seperti itu kan mas Kandil :)

Anonymous said...

sebenrnya kalo bener2 diteliti dan dimata2i, bukan hanya mengisi angket, bisa jadi 100% akan mengalami hal spt itu. kenapa??? karena pramugari yg baru masuk pasti mengalami hal itu. jadi ketika pramugari diawal karirnya sdh hrs spt itu, klo gak,dia pasti lgs keluar jd pramugari.

Anonymous said...

itu sudah bukan rahasia lagi karena pramugari yang enggak memberikan layanan plus ke pilot tidak akan diajak terbang

Intan Sevira said...

apa semua seperti itu? jadi ragu mo sekolah pramugari.

Anonymous said...

calon suami saya pilot , wallahualam saja :) semoga calon suami yang insyaallah menjadi suami saya ini , bisa mengemban amanah dengan bertanggung jawab dan bertindak profesional .. serta bisa menjadi panutan yang baik bagi keluarga dan masyrkat pda umumnya ,, :)

memang benar, Prostitusi terselubung itu Pramugari :)

Anonymous said...

Di maskapai swasta mungkin. Tp di garuda tdk ada yg seperti itu. Di garuda schedule di atur oleh orang2 scheduling, bukan pilot.

r1sthree said...

Terima kasih telah memuat foto ilustrasi saya dan telah mencantumkan linknya. Semoga bermanfaat.

Anonymous said...

Pacar sy jg calon pilot, jd takut :(

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © GUDANG TUTORIAL