Wednesday, August 1, 2012

Jelang Mudik, HP China Laris Manis

MENJELANG mudik lebaran 1433 H, penjualan HP di konter-konter Pangkalan Bun mengalami kenaikan. Hal ini terjadi terutama pada HP-HP keluaran China.

"Kebanyakan mereka menjual HP seken merk Nokia untuk ditukar HP baru keluaran China,"kata Evi, 22, pedagang HP di komplek ruko Kodim Pangkalan Bun, Selasa (31/7).

HP China--Seorang pembeli tampak sedang memperhatikan deretan HP yang dipajang di sebuah konter di Jl P Antasari Pangkalan Bun. Menjelang mudik HP China laris manis diburu para pekerja rantau yang akan mudik ke Pulau Jawa.

Ia melanjutkan HP keluaran China paling banyak dibeli karena harganya lebih murah namun dilengkapi banyak fitur menarik. Pembeli banyak berasal dari kalangan perantau yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung. Bertepatan dengan momen penerimaan gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR), para perantau banyak menukarkan HP lama mereka dengan HP baru. Hal ini diyakini bisa memberikan kesan yang bersangkutan sukses di perantauan.

Hal yang sama dialami Ina, 23, pedagang HP di komplek ruko dekat BPR Marunting Sejahtera, permintaan HP keluaran China memang naik akhir-akhir ini. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, umumnya perantau membeli HP baru untuk dibawa mudik dan berlebaran di kampung halaman. Kemudian setelah balik ke Pangkalan Bun, HP akan dijual kembali.

Wardi salah seorang pembeli, ia menjual HP lamanya untuk membeli HP yang mempunyai fitur kamera. Hal ini ia lakukan untuk persiapan mengabadikan momen lebaran bersama keluarga di Jawa. Selain membeli HP untuk dipakai sendiri, ia membeli dua unit HP sebagai oleh-oleh untuk keluarga di kampung. "Persiapan lebaran Mas, saya cari HP kamera supaya bisa foto-fotoan nanti pas pulang ke Jawa,"tukas dia.


0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.