Tuesday, January 3, 2017

PSK China Masuk Sebagai Turis, Kebijakan Bebas Visa Harus Dikaji Ulang

Sebanyak 76 PSK asal Cina yang masuk sebagai turis ditangkap Ditjen Imigrasi, Sabtu (31/12/2016). Para PSK itu terjaring dalam razia yang digelar oleh Tim pengawasan orang asing, Ditjen Imigrasi pada malam pergantian tahun baru.

Fakta ini membuktikan bahwa masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal asal China itu bukan isapan jempol belaka. Namun, itu bukan permasalahan yang ingin saya bahas. Masuknya TKA ilegal yang menyamar sebagai turis ini harus dimaknai sebagai perkara serius.

Pasalnya, hal ini terkait dengan beberapa kebijakan yang diterapkan pemerintah akhir-akhir ini. Yakni, kebijakan bebas visa bagi wisatawan dengan izin tinggal selama 30 hari di Indonesia. Kebijakan ini akhirnya disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu. 

Salah satunya, para pengusaha panti pijat yang mendatangkan para perempuan 'semlohai' asal Negeri Tirai Bambu ini. Perempuan-perempuan ini dengan mudah masuk sebagai turis dan tinggal selama 30 hari di Indonesia dengan kebijakan bebas visa.


Sebanyak 76 WNA China diamankan petugas imigrasi dari sejumlah tempat hiburan malam yang diduga memfasilitasi kegiatan warga asing secara ilegal saat pesta tahun baru berlangsung. (http://photo.sindonews.com/)

Dorongan Sektor Pariwisata
Lalu, apa sih dasar pemberlakuan bebas visa ini? Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia. Saya tidak tahu, apakah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang mengusulkan itu? atau instansi yang lain.

Boleh kita panas dengan prestasi Thailand yang obyek wisatanya sedikit tapi kunjungan wisatanya banyak. Namun, tapi, ning...kudu eling, apakah murni yang dijual Thailand itu obyek wisata alam? Sebab menetapkan bebas visa untuk kunjungan 30 hari hanya untuk mengejar target kunjungan wisata itu sangat riskan.

Lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Kita lebih sulit mengontrol orang-orang yang masuk ke negara kita. Jadi kalau semasa saya penataran P-4 dulu, sistem pertahanan keamanan masyarakat semesta (Hamkamrata) kita juga bakal kesulitan menangkal masuknya orang-orang asing dengan kebijakan bebas visa ini. 

Jadi, usul saya, mohon direvisi kebijakan bebas visa itu...mekaten Bos...mohon maaf jika tidak berkenan inggih...

0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.