Tuesday, June 24, 2014

Akhirnya Mereka Masuk Jebakan Batman

Ini merupakan kelanjutan dari seri curhat saya kemarin he3x. Tak disangka tak dinyana, ternyata yang membaca tulisan itu mencapai ratusan klik di hari pertama dan sekarang mungkin sudah mencapai ribuan. Nah, singkat cerita, setelah saya baca di koran pagi, ternyata Dinas PU Kobar dan kontraktor benar-benar masuk jebakan Batman.

Ilustrasi Ahmadinejad Dan Holocoust

 
Biar tahu jebakan Batmannya, saya akan menceritakan ilustrasi seperti ini, pada saat Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saling berbantah dengan pihak USA mengenai Holocaust (peristiwa pembantaian terhadap kaum Yahudi oleh rezim Nazi pada masa Perang Dunia II). Ahmadinejad mengeluarkan pernyataan kontroversial muncul pada 14 Desember 2005. Saat itu, ia berkata bahwa Holocaust hanyalah sebuah mitos (rekayasa alias bullshit) yang digunakan USA bersama sekutunya di Eropa untuk menciptakan negara Yahudi di jantung dunia Islam. Bahkan, Ahmadinejad juga sempat menyelenggarakan konferensi tentang Holocaust.

Tentu saja, Israel dan USA mencak-mencak, tapi itulah yang diinginkan Ahmadinejad, kalau mereka berkata Ya benar memang ada Holocoust, Ahmadinejad dengan gampang menjawab ya berarti silahkan keluar dari tanah itu (Israel) sekarang, sebab Yahudi berarti berada di Eropa Timur tempat Holocoust terjadi. Lalu, mereka bingung, mau bilang, Tidak ada, jawaban Ahmadinejad tetap menusuk, berarti Israel dan USA selama ini hanya bohong, jualan isu Holocoust. Nah loh?

Penyataan Mengejutkan

Nah, sekarang kita urut satu-satu tentang proyek abadi pekerjaan 'Pemeliharaan Berkala Jalan Kubu-Sungai Bakau-Teluk Bogam' ini. Secara mengejutkan, seminggu setelah curhat saya muncul, jalan itu diperbaiki menurut informasi masyarakat, dan ternyata memang benar. Terutama ruas jalan dari rumah terakhir di Desa Sungai Bakau sampai ujung Desa Teluk Bogam batas dengan latrit PNPM Mandiri.

Nah sekarang pertanyaannya, pelaksanaan pekerjaan itu pakai dana apa? Apakah jaminan pemeliharaan 5% sesuai dengan regulasi? Loh, katanya dulu sudah pernah disidik Kejaksaan dan tidak ada masalah? Kenapa diperbaiki lagi? Lalu singkat cerita, saya dengar dari seorang wartawan mengenai pernyataan Kasi Jalan, Bidang Bina Marga, Dinas PU Kobar Herto yang sungguh mencengangkan.

Ia mengatakan bahwa pekerjaan dilakukan PT Roading Multi Makmur Indonesia (RMMI) sebab masih merupakan tanggung jawab kontraktor untuk pemeliharaannya. "Itu masih tanggung jawab mereka, karena berapa kali sudah muncul di koran, kebetulan ada alat mereka sedang bekerja disana lalu kami arahkan untuk memperbaiki jalan itu (Sungai Bakau-Teluk Bogam),"kata dia.

Sekilas memang tidak ada masalah dengan pernyataan itu, sebab Berdasarkan Perpres No 5 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah setelah selesai penyerahan tahap pertama (PHO), semua paket proyek jalan yang dikerjakan pihak ketiga atau kontraktor itu masih menjalani masa pemeliharaan selama 12 bulan atau satu tahun dengan jaminan dana pemeliharaan sebesar 5 persen dari nilai kontrak. Seperti berita disini 

Dua Perusahaan Dalam Satu Naungan

Namun pertanyaannya, kok pekerjaan PT RMMI tapi yang memperbaiki PT Timbul Jaya Karya Utama (TJKU)? Kata mereka dalam pernyataan Kasi PU itu sudah cukup representatif. PT TJKU merupakan rekanan Pemkab Kobar untuk proyek Pemeliharaan Berkala Jalan Kubu-Sungai Bakau-Teluk Bogam tahun 2014 ini. Apakah ini sinyalemen bahwa kedua perusahaan itu milik orang yang sama? Apakah benar desas desus di luar sana bahwa proyek pemeliharaan jalan itu dari tahun ke tahun jatuh ke tangan yang sama? Bisa anda simpulkan sendiri kan?

Kedua, kalau memang jaminan pemeliharaan 5% itu dijalankan, kenapa baru sekarang? Saat pekerjaan 2014 sudah selesai lelang dan berjalan. Seharusnya, apabila ada masalah, ruas jalan itu harus diperbaiki dulu oleh PT RMMI dan jangan ada lelang baru. Kontraktor juga seolah tidak sadar bahwa tanggung jawab dia tidak hanya sebatas 12 bulan masa pemeliharan, tapi bisa sampai 10 tahun. Cek disini




Foto-Foto Sebelum dan Sesudah Jalan Diperbaiki


Foto-Foto Alat Berat Milik PT TJKU Bekerja Untuk PT RMMI





1 comment:

  1. Wah mantap nich jebakan Batman, menurutku KPK emang hrs turun tuh, duit miliaran dari pajak rakyat sia2

    ReplyDelete

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.