Thursday, July 12, 2012

Lapangan Tugu Kembali Terpilih Menjadi Lokasi Pasar Ramadan


 LAPANGAN Tugu yang berada di kompleks Istana Kuning kembali terpilih menjadi lokasi pasar ramadan 1433 H Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

"Hasil rapat memutuskan lapangan tugu kembali menjadi tempat penyelenggaraan pasar ramadan,"kata Syahrulsyah Kepala Bidang (Kabid) Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditemui Gudang Tutorial di ruang kerjanya, Rabu (11/7).

Ia melanjutkan rapat yang dihadiri perwakilan dari tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan Pemkab Kobar sepakat memilih lapangan tugu sebagai lokasi pasar ramadan untuk keempat kalinya. Sebab lokasi lapangan tugu sangat strategis dibandingkan dengan lapangan termili atau perempatan mendawai. Pedagang optimistis bisa meraih keuntungan karena pasar mudah diakses.

 Istana Kuning--Lapangan Tugu yang berada di komplek situs sejarah Istana Kesultanan Kutaringin akan kembali terpilih sebagai lokai pasar ramadan Kabupaten Kotawaringin Barat untuk keempat kalinya. Lokasi ini dianggap strategis baik bagi pedagang maupun masyarakat yang membeli 
  
Menurut Syahrulsyah, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kelurahan Raja sebagai tuan rumah penyelenggara pasar ramadan. Kelurahan Raja melalui organisasi karang taruna akan membuat lapak-lapak yang akan disewakan kepada pedagang. Jumlah lapak yang dibuat tahun lalu sebanyak 60 lapak. Sedangkan tahun ini, pihak karang taruna Kelurahan Raja belum menentukan desain dan jumlahnya. Harga sewa lapak untuk tahun ini lebih tinggi ketimbang tahun lalu yakni sebesar Rp400 ribu per lapak. Harga ini sudah diputuskan melalui kesepakatan bersama. Awalnya, harga yang ditawarkan sebesar Rp425 ribu per lapak.

Ia menegaskan harga itu sudah sangat murah apabila dihitung dari harga bahan baku kayu yang berlaku di pasaran. Karang taruna sebagai penanggungjawab pembuatan lapak tidak mengambil keuntungan dari lapak tersebut. Mereka hanya mendapatkan pemasukan dari jasa parkir, jaga malam dan suplai air bersih ke lokasi pasar. Sedangkan bagi pedagang, lanjut dia, pihaknya sudah mulai menerima pendaftaran hari ini. "Pedagang bisa mulai mendaftarkan diri hari ini (kemarin). Untuk posisi lapak akan kita undi dengan adil, tidak ada pedagang yang diistimewakan,"tukas dia. (KS)

0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.