Sunday, July 8, 2012

KH. Anwar Zahid Bojonegoro: Da'i Unik Yang Merakyat

PERNAH dengar ceramahnya KH Anwar Zahid? Ada yang unik dari Da,i yang satu ini. Pokoknya beliau itu da'i kocak dengan gaya bahasa yang merakyat sekali. Penampilannya yang biasa saja, tidak ke-arab2-an. Dia benar-benar menganut falsafah Kanjeng Sunan Kalijaga, Berdakwah dengan bahasa yang sederhana sesuai dengan budaya masyarakat yang menjadi sasaran dakwahnya.

KH. Anwar Zahid
Da'i Sejuta Rakyat Jelata
 
Bahasanya yang ringan, mudah dicerna dan tidak banyak dalil sehingga memudahkan masyarakat memahami materi dakwahnya. Kyai ini memang menggunakan bahasa ala jawatimuran sesuai daerah dakwahnya yakni sebagian besar daerah pesisir utara Jawa Timur. Selain itu, Kyai asal Bojonegoro ini juga berdakwah di daerah-daerah sekitarnya yakni Ngawi, Madiun dan paling jauh di Banyuwangi. 

Sebagai wartawan, saya menyayangkan teman-teman media di Jawa Timur (terutama media elektronik) belum bisa memfasilitasi dakwah Kyai ini. Untuk bisa masuk dapur rekaman atau TV nasional memang masih sulit karena faktor bahasa. Meski begitu, media lokal Jatim seharusnya bisa memberikan fasilitas kepada dakwah Pak Kyai Anwar. 

Terbukti, dari beberapa situs di dunia maya terutama youtube dan beberapa blog yang meng-upload video atau audio berisi dakwah beliau selalu ramai dikunjungi. Di tengah dakwah aliran keras yang saling mencaci satu sama lain, ternyata ada dakwah yang sejuk di tengah rakyat jelata yang begitu antusias mendengarkan dakwah beliau.

2 comments:

  1. Gak sah (perlu) media elektronik atau cetak! Wis, ngono ae lek!..

    ReplyDelete

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.