Thursday, April 17, 2008

Tutorial Membuat Blog di Blogger

Kamu pengen punya website sendiri? Kemudian bisa meraup dollar dengan mengikuti program-program seperti Google Adsense, Adbrite, BackLink, LinkWorth, PayDotCom, BidVertiser, Amazon Affiliates, My Free Share, dll. Tentu kamu semua kepengen kan? Tapi apa mesti keluar duit? Tenang Bro, kamu gak perlu keluar duit sepeser pun. Kenapa begitu? Karena yang kamu butuhkan hanya sebuah website gratisan. Banya macam dan ragamnya, tapi disini untuk memulai Penjaga Gudang mau bagi pengalaman dengan mengajarkan (berbagi lebih tepatnya) kamu-kamu untuk membuat sebuah Blog.

Waduh Blog itu makanan apaan? Blog adalah situs pribadi. Kayak diary pacar-pacar kamu tuh lho Bro. Cuman bedanya ini diary elektronik. Kenapa saya sebut diary karena di awal-awal emang banyakan isinya masalah ‘curhat’ lalu berkembang sampai menjadi seperti sekarang. Blog jauh lebih sederhana dari pada website. Perbedaannya dengan website adalah settingnya lebih mudah karena tanpa harus bersusah-susah menggunakan kode ekstensi: *.html, *.php, *.asp, dan lain-lain. Sistem sudah otomatis, sehingga memudahkan kamu semua untuk men-design sesuai template yang telah disediakan. Oke tidak usah panjang kali lebar kali tinggi sama dengan volume. Langsung saja ke ‘Bongkar Gudang’. Ketemu sebuah kitab lusuh berisi Tutorial yang isinya:

  1. Kamu harus pastikan dulu bahwa kamu mempunyai Account di Gmail. Sebuah layanan email dari Google. Apakah daftarnya juga perlu diberi Tutorial? Saya rasa tidak kan? Kamu pasti udah bisa kan? karena untuk membuat account Gmail harus di invite bagi yang kepengen boleh kirim email ke penyaircinta@gmail.com
  2. Klik www.blogger.com untuk mulai membuatnya, setelah kamu klik maka akan keluar sebuah halaman web.
  3. Setelah halaman pertamanya muncul, klik “CIPTAKAN BLOG ANDA” atau “CREATE YOUR BLOG”. Masih Bi-Lingual ya he3x kayak film Hong Kong aja, ya udah kita sepakati, untuk Tutorial Blog ini pakai Bahasa Inggris saja, untuk memudahkan pemahaman bersama, ok Bro. Sepakat gak sepakat mari sepakat. Gak demokratis banget ya he3x...lanjut...
  4. Isi semua data-data kamu pada halaman ini, antara lain:
    • Alamat email (Gmail tadi)
    • Ketik ulang alamat email kamu
    • Masukkan sebuah password, biasa kombinasi kata dan angka misal wirosableng212 he3x,
    • Ketik ulang password kamu
    • Nama Tampilan kamu.
    • Verifikasi kata (ketikkan karakter yang kamu liat ke kolom yang tersedia)
    • Kasih tanda tik/centang segala penerimaan persyaratan yang mengindikasikan bahwa kamu sudah membaca mengerti dan menerima Persyaratan Layanan dari si Blogger.

  1. Setelah kamu merasa telah mengisi form Ciptakan Account dengan benar dan lengkap maka klik Lanjutkan.
  2. Setelah itu akan muncul halaman dengan title Beri Nama Blog, pada halaman ini kamu mesti mengisi Form Judul Blog, Alamat Blog (URL), dan Verifikasi Kata. (Misal Judul Blog: Pendekar Kapak Maut, alamat Blog:http://www.wirosableng.blogspot.com). Kemudian klik Lanjutkan.
  3. Pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk memilih Template Blog yang kamu inginkan (ada minima, harbor, dll), setelah kamu pilih itu klik Lanjutkan.
  4. Jreng!! Nah kini kamu udah bisa mulai melakukan Posting dan Setting bentuk blog yang kamu sukai untuk dipublikasikan ke sesama Netter. Silahkan kamu ketik Artikel tentang apa aja mulai Tips masak, Beladiri, Memperbaiki Sepeda Onthel, Curhat dll termasuk Tutorial (eh saingan dong Bro? Gak apa-apa asal punya ide sendiri He3x)
  5. Lihat toolbar bagian posting ini terdiri dari Create/ciptakan posting, Edit posting dan Komentar Moderat juga pada toolbar Setting dan Template, kamu bisa mengutak-atik (modifikasi) sesuka hati. Klik Preview dulu untuk mengecek jika ada kesalahan baru Publish Post.
  6. Jangan lupa, kamu-kamu juga bisa menambahkan keindahan halaman ini (termasuk memasukkan alat-alat peraup dollar di bawah ini) dengan masuk ke Layout. Silahkan kamu memaksimalkan sebuah Toolbar sakti bernama Add Page Element atau Tambah Elemen Halaman. Selengkapnya di Add Page Element terdapat Slideshow, Pooling, Link, Daftar Link, Gambar, Adsense, Teks, HTML/Javascript, Feed, Label, Newsreel, Video Bar, Logo, Profile (default), Arsip Blog, dan Page Header (default).
  7. Apa saktinya? Jika kamu klik akan memunculkan halaman baru dengan banyak sekali pilihan termasu Adsense di dalamnya. Khusus iklan dari Google masuknya lewat toolbar Adsense ini.
  8. Sedangkan untuk produk iklan yang lain, tetap boleh masuk ke Blogger (hebat to? Jadi Google gak takut disaingi). Google menyediakan sebuah toolbar untuk yang lain (Adbrite, BackLink, LinkWorth, PayDotCom, BidVertiser, Kliksaya dll) di HTML/Javascript.
  9. Setiap kamu mendaftar pada produk sejenis Adsense, kamu akan mendapatkan Kode HTML/Javascript. Silahkan copy paste ke HTML/Javascript.dan klik save. Jadi dech iklan dari mereka terpasang di Blog kamu.

NB: Untuk lebih jelas silahkan kamu bongkar-bongkar Gudang ini untuk mencari semua Tutorial.


0 comments:

Post a Comment

Chimpanzee Smiling
@kandilsasmita. Powered by Blogger.